Pengertian Narasi dan Contohnya - arek tambunan -->

Pengertian Narasi dan Contohnya

Pengertian narasi dan contoh narasi - Kitika kita berguru bahasa Indonesia di sekolah ada bahan pelajaran perihal narasi. Apa itu narasi? Seperti apa yang dimaksud narasi dan ibarat apa contohnya? Masih ingatkah kau dengan apa yang dimaksud dengan narasi dan juga pola dari narasi? Jika kau lupa perihal definisi narasi dan pola narasi atau malah belum sanggup bahan perihal arti narasi dan pola narasi, maka di sini kami akan menjelaskan perihal pengertian dan pola narasi. Selain itu di sini juga akan kami jelaskan tengang unsur unsur terpenting dalam paragraf narasi dan pola pengembangan narasi. Silahkan anda baca hingga tamat penjelasannya sebagai berikut ini:
Pengertian Narasi dan Contohnya

Pengertian Narasi

Secara sederhana narasi sanggup diartikan sebagai paragraf yang berisi perihal insiden atau cerita. Dalam narasi ada pola-pola dalam pengembangan paragraf narasi. Paragraf Narasi adalah paragraf yang menguraikan atau menjelaskan perihal sebuah insiden atau insiden menurut dari urutan waktu. Dalam paragraf narasi ada karakteristik dari narasi yaitu ada tokoh, ada latar (ruang dan waktu), dan juga ada urutan kejadian. Agar lebih memahami narasi dengan baik, silahkan perhatikan pola narasi ibarat yang ada dalam klarifikasi berikut ini.

Contoh Narasi

Pada ketika itu, saya sedang siap-siap berangkat sekolah. Namun tiba-tiba di televisi ada “Berita Pagi” yang menayangkan sebuah isu perihal terjadinya kebakaran hebat. Peristiwa tersebut terjadi di sebuah perumahan yang berada di bersahabat sekolahku. Kejadiannya sekitar pukul dua dini hari. Dengan adanya isu tersebut saya sangat terkejut, mengingat teman-temanku banyak yang tinggal di tempat itu. Dalam hatiku, saya berharap semoga tidak ada satu pun temanku yang menjadi korban. Usai menyaksikan isu tersebut, saya pun segera berangkat ke sekolah. Sesampainya di sekolah ternyata harapanku telah kandas. Ada lima temanku yang rumahnya musnah di lalap si jago merah.

Unsur Unsur Terpenting Dalam Paragraf Narasi

Analisis unsur unsur penting dalam paragraf narasi dalam pola narasi diatas:
  • Tokoh: Aku
  • Latar
  1. Tempat: di perumahan bersahabat lingkungan sekolah si aku
  2. Waktu: Pukul dua dini hari
  • Urutan kejadian:
  1. Aku sedang berkemas-kemas berangkat ke sekolah
  2. Televisi menayangkan sebuah isu kebakaran
  3. Kebakaran terjadi di perumahan bersahabat sekolahku
  4. Lima rumah sahabat si saya menjadi korban.

Pola Pengembangan Narasi

Sebuah narasi juga perlu pola pengembangan narasi biar narasi menjadi lebih baik. Pola pengembangan narasi terbagi dalam urutan waktu disebut sebagai pola kronologis dan urutan tempat/ ruang disebut sebagai pola spasial. Berikut ini yaitu klarifikasi dari kedua pola tersebut.

1. Pola urutan waktu pada narasi (Pola kronologis)
Pada pola kronologis, insiden atau kejadian-kejadian diceritakan disampaikan dengan urutan waaktu, contohnya dari zaman dulu hingga zaman sekarang, dari pagi hingga malam, dari permulaan hingga tamat dan lain-lain.

Lihat Juga : Cara Menghilangkan Bruntusan
Contoh narasi dengan pola urutan waktu
Tidak seorang pun sanggup sunguh-sungguh tidur panjang sepanjang malam itu. Pada saa suara kokok ayam hutam berdera-derai mengambarkan jika pagi akan tiba, mereka pun bergegas bangun. Sekarang mereka memandangi rimba sekelilingnya dengan lebih cermat dan awas. Mereka memasak masakan dan air, mengambil air wudhlu dan sholat. Sebagian dari pancaindra mereka mengamati dan menyidik rimba yang ada di sekitarnya, rimba yang kini mengandung bahaya dan maut.

2. Narasi dengan pola urutan tempat/ ruang (pola spesial)
Pada pola spasial, insiden atau peristiwa-peristiwa dalam paragraf dirangkai mengikuti bagian-bagian dari sebuah tempat, contohnya dari pinggir ke tengah, dari selatan ke utara, dari dalam ke luar, dan lain-lain.

Contoh narasi dengan pola urutan tempat
Pada beberpa tahun lalu, anda tiba ke desa kelahiranku dengan menumpang kereta, anda akan berhenti di bersahabat stadion. Berjalanlah menyusuri jalan raya ke barat, maka sekitar satu kilo meter dari stadion, akan tibalah anda di jalan desaku. Di sebalah kecil ke kanan, simpang yang ke enam, beloklah, ke gang sempit itu. Di ujung gang tersebut, nanti ada akan menemui sebuah masjit tua. Di depannya terdapat kolam ikan yang airnya mengalir dari pancuran.

Lihat Juga : Cara Membuat Titik Daftar Isi Otomatis
Itulah uraian klarifikasi perihal pengertian narasi dan contohnya. Semoga apa yang kami sampaikan dalam blog arek tambunan ini sanggup menawarkan manfaat kepada anda.

0 Response to "Pengertian Narasi dan Contohnya"

Posting Komentar

1. Berikan komentar Anda sesuai dengan topik artikel
2. Anda sopan kami segan
3, Jangan Menggunakan Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel