Sejarah Komputer Menurut Generasi - arek tambunan -->

Sejarah Komputer Menurut Generasi

Sejarah Komputer - Komputer ialah alat yang digunakan untuk mengubah data menurut keterangan dari perintah yang sudah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk mencerminkan orang yang perkerjaannya mengerjakan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa perangkat bantu, tetapi makna kata ini kemudian dialihkan kepada mesin tersebut sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi nyaris eksklusif bersangkutan dengan masalah aritmetika, namun komputer modern digunakan untuk tidak sedikit tugas yang tidak bersangkutan dengan matematika. 
Sejarah Komputer Menurut Generasi
Komputer

Secara luas, Komputer bisa didefinisikan sebagai suatu perlengkapan elektronik yang terdiri dari sejumlah komponen, yang dapat berkolaborasi antara komponen satu dengan yang lain guna menghasilkan sebuah informasi menurut program dan data yang ada. Adapun komponen komputer ialah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat mengerjakan tugasnya sebagai pengolah data, tetapi sebatas tampak dilayar monitor belum dalam format print out (kertas).

Saat ini, komputer telah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, terdapat 5 generasi dalam sejarah komputer.

Dalam pengertian seperti tersebut ada alat laksana slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai seluruh komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang sesuai untuk makna luas laksana "komputer" ialah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Inilah Sejarah Komputer Menurut Genereasi


1. Sejarah Komputer Generasi kesatu

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang tercebur dalam perang tersebut berjuang mengembangkan komputer guna mengeksploit potensi strategis yang dipunyai komputer. Hal ini menambah pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat peradaban teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membina sebuah komputer, Z3, guna mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu pun membuat peradaban lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menuntaskan komputer pemecah kode rahasia yang disebut Colossus guna memecahkan kode rahasia yang dipakai Jerman. Dampak penciptaan Colossus tidak terlampau memengaruhi pertumbuhan industri komputer disebabkan dua alasan. Pertama, Colossus bukan adalahkomputer serbaguna(general-purpose computer), ia melulu didesain guna memecahkan kode rahasia. Kedua, eksistensi mesin ini dipertahankan kerahasiaannya sampai satu dasawarsa setelah perang berakhir.

Usaha yang dilaksanakan oleh pihak Amerika pada saat tersebut menghasilkan suatu peradaban lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, sukses memproduksi kalkulator elektronik guna US Navy. Kalkulator itu berukuran panjang separuh lapangan bola kaki dan mempunyai rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, adalahkomputer relai elektronik. Ia memakai sinyal elektromagnetik guna menggerakkan komponen mekanik. Mesin itu beropreasi dengan lambat (ia memerlukan 3-5 detik untuk masing-masing perhitungan) dan tidak luwes (urutan kalkulasi tidak bisa diubah). Kalkulator itu dapat mengerjakan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Perkembangan komputer beda pada masa kini ialah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang diciptakan oleh kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer itu adalahmesin yang paling besar yang mengonsumsi daya sebesar 160 kW.

Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC adalahkomputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dikomparasikan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan kesebelasan University of Pennsylvania dalam usaha membina konsep desain komputer yang sampai 40 tahun mendatang masih digunakan dalam kiat komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah kenangan untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer guna berhenti pada suatu ketika dan lantas melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann ialah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh faedah komputer guna dikoordinasikan melewati satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang diciptakan oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial kesatu yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric mempunyai UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dijangkau oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam menebak kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Lihat Juga : Cara Menonaktifkan Firewall
Komputer Generasi kesatu dikarakteristik dengan kenyataan bahwa instruksi operasi diciptakan secara spesifik untuk sebuah tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program kode biner yang bertolak belakang yang dinamakan "bahasa mesin" (machine language). Hal ini mengakibatkan komputer susah untuk diprogram dan memberi batas kecepatannya. Ciri beda komputer generasi kesatu ialah pemakaian tube vakum (yang menciptakan komputer pada masa itu berukuran paling besar) dan silinder magnetik guna penyimpanan data.


2. Sejarah Komputer Generasi kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor paling memengaruhi pertumbuhan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai dipakai di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan beda yang berupa pengembangan kenangan inti-magnetik menolong pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih bisa diandalkan, dan lebih irit energi dibanding semua pendahulunya. Mesin kesatu yang memanfaatkan teknologi baru ini ialah superkomputer. IBM menciptakan superkomputer mempunyai nama Stretch, dan Sprery-Rand menciptakan komputer mempunyai nama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan guna laboratorium energi atom, bisa menangani sebanyak besar data, sebuah keterampilan yang sangat diperlukan oleh peneliti atom. Mesin tersebut paling mahal dan ingin terlalu perumahan untuk keperluan komputasi bisnis, sehingga memberi batas kepopulerannya. Hanya terdapat dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly ialah bahasa yang memakai singkatan-singakatan guna menggantikan kode biner.

Pada mula 1960-an, mulai berlahiran komputer generasi kedua yang berhasil di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini adalahkomputer yang sepenuhnya memakai transistor. Mereka pun mempunyai komponen-komponen yang bisa diasosiasikan dengan komputer pada ketika ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu misal penting komputer pada masa ini ialah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, nyaris seluruh bisnis-bisnis besar memakai komputer generasi kedua guna memprosesinformasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang terdapat di dalamnya menyerahkan fleksibilitas untuk komputer. Fleksibilitas ini menambah kinerja dengan harga yang pantas untuk pemakaian bisnis. Dengan konsep ini, komputer bisa mencetak faktur pembelian konsumen dan lantas menjalankan desain produk atau menghitung susunan gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai berlahiran pada ketika itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan rumus matematika yang lebih mudah dicerna oleh manusia. Hal ini mempermudah seseorang guna memprogram dan menata komputer. Berbagai macam karier baru berlahiran (programmer, analis sistem, dan berpengalaman sistem komputer). Industr peranti lunak pun mulai berlahiran dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.


3. Sejarah Komputer Generasi ketiga

Walaupun transistor dalam tidak sedikit hal mengalahkan tube vakum, tetapi transistor menghasilkan panas yang lumayan besar, yang bisa berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC menggabungkan  tiga komponen elektronik dalam suatu piringan silikon kecil yang tercipta dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian sukses memasukkan lebih tidak sedikit komponen-komponen ke dalam sebuah chip tunggal yang dinamakan semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil sebab komponen-komponen bisa dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya ialah pemakaian sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin guna menjalankan sekian banyak  program yang bertolak belakang secara serentak dengan suatu program utama yang memonitor dan mengkoordinasi kenangan komputer.


4. Sejarah Komputer Generasi keempat

Setelah IC, destinasi pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) bisa memuat ratusan komponen dalam suatu chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam suatu chip tunggal.
Lihat Juga : Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) menambah jumlah itu menjadi jutaan. Kemampuan guna memasang sedemikian tidak sedikit komponen dalam sebuah keping yang berukurang separuh keping duit logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut pun meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang diciptakan pada tahun 1971membawa peradaban pada IC dengan menempatkan seluruh komponen dari suatu komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam suatu chip yang paling kecil. Sebelumnya, IC diciptakan untuk menggarap suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, suatu mikroprosesor bisa diproduksi dan lantas diprogram untuk mengisi seluruh keperluan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, masing-masing peranti lokasi tinggal tangga laksana microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk memakai komputer biasa. Komputer bukan lagi menjadi kekuasaan perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang dinamakan minikomputer, dipasarkan dengan paket peranti empuk yang mudah dipakai oleh kalangan awam. Peranti empuk yang sangat populer pada ketika itu ialah program word processing dan spreadsheet. Pada mula 1980-an, video game laksana Atari 2600 unik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih modern dan bisa diprogram.

Pada tahun 1981, IBM mengenalkan pemakaian Personal Computer (PC) untuk pemakaian di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang dipakai melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya mengarah ke ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang sedang di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang bisa dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang bisa digenggam (palmtop).

IBM PC berlomba dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal sebab memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sedangkan saingannya masih memakai komputer yang berbasis teks. Macintosh pun memopulerkan pemakaian peranti mouse.

Pada masa sekarang, anda mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU produksi Intel). Juga anda kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini seluruh masuk dalam kelompok komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya pemakaian komputer di lokasi kerja, cara-cara baru untuk mencari potensial terus dikembangkan. Seiring dengan meningkat kuatnya sebuah komputer kecil, komputer-komputer itu dapat dihubungkan secara bersamaan dalam sebuah jaringan guna saling berbagi memori, peranti lunak, informasi, dan pun untuk bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk menyusun kerja sama elektronik untuk menuntaskan suatu proses tugas. Dengan memakai perkabelan langsung (disebut pun Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini bisa berkembang menjadi paling besar.


5. Sejarah Komputer Generasi kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi lumayan sulit sebab tahap ini masih paling muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima ialah komputer rekaan HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL memperlihatkan seluruh faedah yang diharapkan dari suatu komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan produksi (artificial intelligence atau AI), HAL dapat lumayan mempunyai nalar untuk mengerjakan percapakan dengan manusia, memakai masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun barangkali realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, tidak sedikit fungsi-fungsi yang dimilikinya telah terwujud. Beberapa komputer bisa menerima instruksi secara lisan dan dapat meniru nalar manusia. Kemampuan guna menterjemahkan bahasa asing pun menjadi mungkin. Fasilitas ini terlihat sederhana. Namun kemudahan tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diperkirakan ketika programmer menyadari bahwa pengertian insan sangat bergantung pada konteks dan definisi ketimbang sekadar menterjemahkan ucapan-ucapan secara langsung.
Lihat Juga : Pengertian RAM ROM dan Perbedaanya
Banyak peradaban di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan penciptaan komputer generasi kelima. Dua peradaban rekayasa yang terutama ialah kemampuan pemrosesan paralel, yang bakal menggantikan model non Neumann. Model non Neumann bakal digantikan dengan sistem yang dapat mengkoordinasikan tidak sedikit CPU guna bekerja secara serempak. Kemajuan lain ialah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa terdapat hambatan apapun, yang nantinya bisa mempercepat kecepatan informasi.

Jepang ialah negara yang familiar dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga disusun untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang mengaku bahwa proyek ini sudah gagal, namun sejumlah informasi beda bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

0 Response to "Sejarah Komputer Menurut Generasi"

Posting Komentar

1. Berikan komentar Anda sesuai dengan topik artikel
2. Anda sopan kami segan
3, Jangan Menggunakan Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel